PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA

Ilham Nur Utomo,

Abstract


Pendidikan dalam arti luas adalah kegiatan didik-mendidik yang dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Sistem pendidikan yang tidak representatif pada masa kolonial telah melatarbelakangi munculnya pemikiran-pemikiran pendidikan dari kalangan bumiputra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan Mohammad Hatta dalam arti luas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Mohammad Hatta bertujuan untuk memerdekakan manusia. Pemikiran tersebut terbagi atas pemikiran pendidikan politik, ekonomi, dan sosial yang diaktualisasikan melalui PNI Baru. Selain itu, pemikiran pendidikan Islam Mohammad Hatta yaitu mengkoherensikan agama dengan ilmu umum, seperti filsafat, sejarah, dan sosiologi guna menghasilkan pemimpin Muslim yang berpikiran merdeka atau tidak hanya berfokus pada satu bidang, serta pendidikan keluarga yang memberikan kemerdekaan bagi ketiga putrinya dalam menentukan masa depan. Selain PNI Baru, Mohammad Hatta juga mengaktualisasikan pemikiran pendidikannya melalui berdirinya Sekolah Tinggi Islam (1945) dan lingkungan keluarga dalam mendidik ketiga putrinya.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Pemikiran, Mohammad Hatta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.