RESPONS FOLLOWER TERHADAP CELEBRITY ENDORSER DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI AKUN TIKTOK FASHION MUSLIM @LOZYHIJAB

Nurul Laeli, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ayu Usada Rengkaningtias, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respons follower pada penggunaan celebrity endorser dalam upaya membangun brand awareness di akun TikTok @Lozyhijab. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan S-O-R (Stimulus-Organism-Response). Data penelitian didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Menggunakan teknik triangulasi metode, teknik analisis data mengacu pada tiga tahap Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa celebrity endorser memengaruhi tiga dimensi respons follower: kognitif (peningkatan pemahaman terhadap brand), afektif (kedekatan emosional dan persepsi positif), dan behavioral (interaksi, pencarian informasi, dan loyalitas). Meskipun terdapat follower yang pasif, strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan brand awareness, terutama di kalangan generasi Z. Faktor seperti kredibilitas endorser, relevansi gaya hidup, dan engagement konten sangat berperan dalam membentuk persepsi positif terhadap brand


Keywords


Brand awareness, celebrity endorser, respons follower

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v8i1.23730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurul Laeli, Ayu Usada Rengkaningtias

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats