STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK LOKALATE PT NUTRIFOOD MELALUI BRAND ACTIVATION DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA

Yoanita Cahya Cinta Yosi Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pratiwi Wahyu Widiarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran melalui brand activation dalam event Ngopi Inspirasi oleh NutriHub Yogyakarta untuk meningkatkan brand awareness Lokalate di kalangan mahasiswa. Fokus penelitian terletak pada lima tahapan brand activation, dengan metode kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi brand activation Ngopi Inspirasi oleh NutriHub Yogyakarta paling optimal terletak pada aspek strategic developmentdan delivery. Namun, pada aspek creative development dan evaluation masih terdapat keterbatasan dalam perancangan konsep, sementara pada aspek discovery peran NutriHub Yogyakarta terbatasi oleh kebijakan pusat. Selain itu terdapat perubahan perilaku dari audiens dalam mengenali produk yang semula tidak kenal menjadi mengetahui atau mempengaruhi audiens untuk membeli produk. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi brand activation melalui event marketing sesuai untuk digunakan dalam meningkatkan brand awareness Lokalate di kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, direkomendasikan adanya ruang inovasi bagi tim pelaksana area serta penyusunan evaluasi yang lebih sistematis untuk menjaga keberlanjutan program

Keywords


brand activation, strategi komunikasi pemasaran, event marketing, dan brand awareness

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v8i1.23729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yoanita Cahya Cinta Yosi Putri, Pratiwi Wahyu Widiarti

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats