Strategi komunikasi pembangunan Andromeda Learning Center dalam mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat di Yogyakarta
Benni Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi komunikasi pembangunan yang dilakukan oleh Andromeda Learning Center dalam mengembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat dan menjelaskan karakteristik komunikasi pembangunan yang terjalin antara Andromeda Learning Center dengan masyarakat. Penelitian ini menyoroti peran komunitas sosial tersebut dalam pembangunan dengan perspektif pemberdayaan. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta selama kurang lebih enam bulan. Narasumber dipilih dan ditentukan dengan metode purposive judgement. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi non partisipant. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Serta analisis data menggunakan model Miles and Hubberman. Penelitian ini menunjukan bahwa Andromeda Learning Center mengombinasikan dua strategi komunikasi pembangunan yaitu strategi partisipatif sebagai yang utama dan strategi instruksional sebagai pelengkap. Strategi tersebut bertolak pada tiga pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan potensi dan kearifan lokal, pendekatan komunikasi bottom-up, pendekatan partisipatif dan pemberdayaan. Upaya pelibatan masyarakat dalam strategi partisipatif tersebut menggunakan komunikasi yang bersifat dialogis yang sesuai dengan model komunikasi sirkuler. Sementara karakteristik komunikasinya secara garis besar sesuai dengan landasan dialog Freire, yaitu kesetaraan, pengatasan masalah, praksis, dan penyadaran. Dengan demikian tujuan pembangunan dapat diwujudkan melalui Pariwisata Berbasis Masyarakat.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Komunikasi Pembangunan, Pembangunan Partisipatif, Pariwisata berbasis MasyarakatAbstract
This research aims to describe the development communication strategy carried out by the Andromeda Learning Center in developing Community-based Tourism and explain the characteristics of development communication between the Andromeda Learning Center and the community. The highlight of this research is the role of social communities in development with an empowerment perspective. This research design is descriptive research with a qualitative approach. This research was conducted in Yogyakarta for approximately six months. Informants were selected and determined using the purposive judgment method. Data collection used in-depth interview and non-participant observation methods. Data validity using source triangulation. Data analysis using the Miles and Hubberman model. The results show that Andromeda Learning Center combines two development communication strategies, which are participatory strategy as a main, and instructional strategy as a complement. These strategies are based on the three development communication approaches used. These are potential and local wisdom approach, bottom-up communication approach, participatory and empowerment approach. The efforts to involve the community in this participatory strategy use dialogic communication in accordance with the circular communication model. Meanwhile, the communication characteristics are broadly in accordance with Freire's dialogue, including equality, problem solving, praxis and awareness. Therefore, development goals can be realized through Community-based Tourism..
Keywords : Communication Strategy, Development Communication, Participatory Development, Community-based TourismKeywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v7i2.21767
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Habib Diki Setiawan, Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.