Pengaruh jingle Pemilu serentak 2024 di Instagram terhadap kesadaran memilih gen-z di Kabupaten Bantul
Fikri Disyacitta, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jingle pemilu serentak 2024 KPU di instagram dalam membentuk kesadaran memilih gen-z di Kabupaten Bantul. Pendekatan yang dipilih adalah kuantitatif dengan metode survei eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh gen-z di Kabupaten Bantul yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih di pemilu 2024 dengan sampel berjumlah 120. Penelitian dilakukan pada 21 Desember 2023-1 Januari 2024 bertempat di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data menggunakan teknik angket tertutup dengan sistem skala linier sebagai instrumen penelitian. Sedangkan analisis data memakai regresi linier sederhana dengan bantuan spss. Dari uji statistik menemukan adanya hubungan searah antara X (Jingle pemilu serentak 2024) dengan Y (Kesadaran memilih). Selanjutnya penulis melakukan uji koefisien determinasi untuk menghitung besaran pengaruh X terhadap Y yang menghasilkan X memberikan pengaruh sebesar 47.9% terhadap Y. Selain jingle, terdapat faktor lain yang mempengaruhi kesadaran memilih adalah kesadaran dari diri sendiri, teman, keluarga, dan media tradisional.
Kata kunci : Jingle, Kesadaran memilih, Generasi Z
Abstract
The aim of this research is to identify the impact of Pemilu Serentak 2024 KPU jingle on Instagram in shaping gen-z voting awareness in Bantul Regency. The approach chosen is quantitative with an explanatory survey method. The population in this research were all gen-z in Bantul Regency who had qualified as voters in the 2024 election with The number of samples taken was 120 respondents. The research was conducted on December 21, 2023-1 January 2024 in Bantul Regency. The data collection method used a closed questionnaire technique with a linear scale system as the research instrument. While data analysis used simple linear regression with the assist of SPSS. The statistical test found an unidirectional correlation between X (Jingle simultaneous election 2024) and Y (voting awareness). Furthermore, the author conducted a coefficient of determination test to calculate the amount of influence of X on Y, which resulted in X having an influence of 47.9% towards Y. Apart from jingles, other factors that influenced voting awareness are awareness from oneself, friends, family, and traditional media.
Keyword : Jingle, voting awareness, Generation Z
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v7i1.21042
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Bayu Aji Firmansyah, Fikri Disyacitta
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.