Persepsi followers @perbasi_imy tentang konten event Perbasi Cup 2022
Pratiwi Wahyu Widiarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi followers @Perbasi_IMY tentang konten event Perbasi Cup 2022 pada akun Instagram @Perbasi_IMY. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey, dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling dan angket. Populasi dalam penelitian ini berupa Followers akun Instagram @Perbasi_IMY. Peneliti mengumpulkan informasi dengan cara menyebarkan kuisioner pada followers @Perbasi_IMY yang berisi pernyataan tertutup. Angket diuji validitas dengan korelasi Product Moment Pearson dan realibilitas dengan Cronbach Alpha. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif dan skala uji kelayakan menurut Suharsimi Arikunto. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan sejumlah 52 responden dengan presentase sebesar 69% berada pada kategori “baik” untuk digunakan sebagai media informasi tentang akun @Perbasi_IMY tentang Konten Perbasi Cup 2022. Sejumlah 23 responden dengan presentase 31% berada pada kategori “cukup baik”. Maka dari itu Akun Instagram @Perbasy_IMY mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi para followers.
Kata kunci : Persepsi, Followers, Akun Instagram @Perbasi_IMY, Perbasi Cup 2022
Abstract
This research was conducted to find out how followers' perceptions @Perbasi_IMY about the content of the Perbasi Cup 2022 event on @Perbasi_IMY Instagram account. This research is a research with a quantitative approach. The method used is a survey, using simple random sampling techniques and questionnaires. The population in this study is in the form of Followers of @Perbasi_IMY Instagram accounts. Researchers collect information by distributing questionnaires to followers of @Perbasi_IMY containing closed statements. The questionnaire was tested for validity with Pearson’s Product Moment correlation and reliability with Cronbach Alpha. The data analysis technique uses descriptive analysis and a feasibility test scale according to Suharsimi Arikunto. The results of the quantitative descriptive analysis showed that a total of 52 respondents with a percentage of 69% were in the "good" category to be used as an information medium about @Perbasi_IMY accounts about the Perbasi Cup 2022 Content. A total of 23 respondents with a percentage of 31% were in the "quite good" category. Therefore, the Instagram account @Perbasy_IMY able to meet the information needs of followers.
Keywords : Perception, Followers, @Perbasi_Imy Instagram Account, Perbasi Cup 2022Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v5i4.19185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Salsabila Gabrielle Fatro Venema, Pratiwi Wahyu Widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.