AKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA MELALUI MEDIA DARING DI SMP N 2 SAPURAN

Savannah Yohan Devi, ilmu komunikasi UNY, Indonesia
Suranto Aw, ilmu komunikasi UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi interpersonal guru dan siswa melalui media daring di SMP N 2 Sapuran, serta mengetahui hambatan ketika melaksanakan aktivitas komunikasi interpersonal melalui media daring. Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria yang sudah ditentukan. Informan dalam penelitian ini terdari dari 3 orang guru SMP N 2 Sapuran dan 2 orang siswa SMP N 2 Sapuran. Data didapatkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yang kemudian data dianalisis dengan mengacu pada model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas komunikasi interpersonal guru dan siswa yang dilakukan melalui media daring terjadi secara dua arah. Namun, respon nonverbal tidak didapatkan ketika berkomunikasi melalui media daring. Walaupun tidak terdapat respon nonverbal ketika melaksanakan aktvitas komunikasi interpersonal melalui media daring, respon yang didapatkan tetap positif. Hambatan terbesar selama melaksanakan aktivitas komunikasi melalui media daring adalah kendala pada jaringan. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang tidak memiliki alat komunikasi sehingga tidak memungkinkan untuk berkomunikasi melalui media daring. Permasalahan lain yang juga ditemukan selama melaksanakan komunikasi interpersonal melalui media daring adalah terbatasnya kuota siswa.    

Kata Kunci : aktivitas komunikasi, komunikasi interpersonal, daring

 

Abstract

This study aims to determine interpersonal communication activities relationships between teachers and students through online media at SMP N 2 Sapuran, as well as knowing the obstacles when carrying out interpersonal communication activities through online media. The research technique of this subject is purposive sampling, with predetermined criteriea. Informant in this study were 3 teachers of SMP N 2 Sapuran and 2 students of SMP N Sapuran. Data were obtained through interview and documentation techniques. The data validity technique in this study uses triangulation of sources, then the data was analyzed with reference to the interactive model. The result showed that interpersonal communication activities between teachers and students conducted through onine media occurs in two direction. However, nonverbal responses are not obtained when communicating through online media. Although there is no nonverbal response when carrying out interpersonal communication activities through online media, the response obtained is constant positive. The biggest obstacle during carrying out communication activities through online media is a constraint on the network. In addition, there are some students who does not have any communication device so it is not possible to communicate through online media. Other problems found while carrying out interpersonal communication through online media is limited student quota.

Keywords: communication activities, interpersonal communication, online

Keywords


communication activities; interpersonal communication; online

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v5i3.19176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Savannah Yohan Devi, Suranto Aw

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats