MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL TWITTER OLEH MAHASISWA UNY COMMUNICATION PRIVACY MANAGEMENT OF SOCIAL MEDIA TWITTER BY UNY COLLEGE STUDENT
Wuri Handayani, ilmu komunikasi UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen privasi komunikasi oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam menggunakan Twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian mahasiswa UNY pengguna Twitter. Sampel berjumlah tujuh mahasiswa diambil dengan purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, serta empat tahapan analisis data: pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan teori Communication Privacy Management menunjukkan bahwa mahasiswa telah melakukan manajemen privasi komunikasi ketika menggunakan Twitter, dengan pengelolaan yang beragam sesuai latar belakangnya. Membangun batasan privasi dengan mengubah privasi akun untuk membatasi jangkauan persebaran informasi, selektif dalam mengelola pengikut, serta membatasi interaksi. Informan telah memiliki kesadaran terhadap informasi tentang dirinya yang bersifat privasi. Meskipun telah mengelola privasinya, tetap memperhatikan dan memilah terkait informasi yang dibagikan, jika memang ranah privat memilih untuk tidak berbagi secara bebas, karena berpikir terkait dampak yang akan timbul.
Kata Kunci : Privasi, manajemen privasi komunikasi, Twitter.
Abstract
This study aims to determine how communication privacy management is carried out by Yogyakarta State University (UNY) students in using Twitter social media. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The research subjects of UNY students are Twitter users. A sample of seven students was taken by purposive sampling. The process of collecting data using the interview method. Test the validity of the data using source triangulation techniques, as well as four stages of data analysis: collection, reduction, presentation, and drawing conclusions. The results of the study using the theory of Communication Privacy Management show that students have managed communication privacy when using Twitter, with various managements according to their backgrounds. Establish privacy boundaries by changing account privacy to limit the reach of information dissemination, be selective in managing followers, and limit interactions. Informants already have an awareness of information about themselves that is private. Even though they have managed their privacy, they still pay attention and sort out the information that is shared, if indeed the private sphere chooses not to share freely, because they think about the impact that will arise.
Keywords : Privacy, communication privacy management, TwitterFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v5i1.19138
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yoga Rinestu, Wuri Handayani
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.