POLA KOMUNIKASI PERSUASIF ANTI KEKERASAN OLEH KOMUNITAS PENCINTA DANGDUT SAHABAT HOLIC
Benni Setiawan, Ilmu Komunikasi UNY, Indonesia
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi persuasif anti kekerasan oleh komunitas Sahabat Holic sebagai pelopor pencinta dangdut anti kekerasan dalam menyebarkan
pengaruhnya pada penonton musik dangdut koplo di Bantul. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu pendiri komunitas, anggota komunitas, dan penikmat dangdut koplo. Teknik validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi persuasif anti kekerasan oleh komunitas pencinta dangdut Sahabat Holic menggunakan tiga pola komunikasi yaitu 1) Human Communication, 2) Attempted Influence, dan 3) Beliefs, Values or Attitudes.
Kata kunci: Kata kunci : Pola Komunikasi Persuasif, Proses Komunikasi Persuasif, Komunitas
Pencinta Dangdut, dan Komunitas Sahabat Holic
Abstract
This study aims to describe the persuasive pattern of non-violent communication by the Sahabat Holic community as a pioneer of anti-violence dangdut lovers in their influence groups on the dangdut koplo music audience in Bantul. This research uses descriptive qualitative research methods. The research subjects were determined by purposive sampling technique, namely the community founder, community members, and dangdut koplo connoisseurs. The data validity technique in this study used the source triangulation technique. The data analysis technique in this research used interactive analysis methods which included data reduction, display data, and conclusion/verification. The results showed that persuasive communication against violence by the dangdut lover community Sahabat Holic used three communication patterns, namely 1) Human Communication, 2) Attempted Influence, and 3) Beliefs, Values or Attitudes.
Keywords: Persuasive Communication Patterns, Persuasive Communication Processes, Dangdut
Lovers Community, and Sahabat Holic Community
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v4i1.18505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Adiatma Pratama, Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.