PERAN INSTAGRAM @PEREMPUANBERKISAH SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Analisa Yudika Wulandari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pratiwi Wahyu Widiarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengidentifikasi peran Instagram @perempuanberkisah sebagai media pemberdayaan perempuan, 2) mengetahui faktor pendukung pemberdayaan perempuan melalui Instagram @perempuanberkisah, 3) mengetahui faktor penghambat pemberdayaan perempuan melalui Instagram @perempuanberkisah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian adalah Instagram @perempuanberkisah. Subjek penelitian yaitu 2 orang Tim Redaksi Instagram @perempuanberkisah dan 2 orang pengikut Instagram @perempuanberkisah. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dengan studi dokumen sebagai penunjang. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) peran Instagram @perempuanberkisah sebagai media pemberdayaan perempuan adalah memenuhi kebutuhan bermedia perempuan, menyebarkan topik pemberdayaan perempuan, dan menumbuhkan kemandirian perempuan; 2) faktor pendukung pemberdayaan perempuan Instagram @perempuanberkisah meliputi pengelola Instagram @perempuanberkisah sebagai komunikator, konten Instagram @perempuanberkisah sebagai pesan, dan pengikut Instagram @perempuanberkisah sebagai komunikan; 3) faktor penghambat pemberdayaan perempuan Instagram @perempuanberkisah meliputi kepemilikan Instagram, rintangan fisik, dan rintangan kerangka berpikir.

Kata kunci: Media pemberdayaan perempuan, Instagram, pemberdayaan perempuan

 

Abstract

            This research aimed to; 1) identify the role of Instagram @perempuanberkisah as women empowerment media, 2) find out supporting factors of  women empowerment through Instagram @perempuanberkisah, 3) find out inhibitor factors of women empowerment through Instagram @perempuanberkisah. This research used qualitative method with descriptive approach. The object of this research is Instagram @perempuanberkisah. Research subjects are 2 persons from Editorial Team of  Instagram @perempuanberkisah and 2 persons of  Instagram @perempuanberkisah. The collecting data techniques are interview with documentation study as secondary data. Research data validation used source triangulation. Data analysis technique in this research are reduction, data display, and conclusion drawing. Results of the research indicated that; 1) the role of Instagram @perempuanberkisah as women empowerment media are fulfilling women needs of media, spreading women empowerment topics, and growing women independence; 2) supporting factors of women empowerment through Instagram @perempuanberkisah involve administrator of Instagram @perempuanberkisah as communicator, contents of Instagram @perempuanberkisah as message, and followers of Instagram @perempuanberkisah as audience; 3) inhibitor factors of women empowerment through Instagram @perempuanberkisah involve Instagram ownership, physical barrier, and frame of mind barrier.

Keywords: Women empowerment media, Instagram, women empowerment


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i3.16854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Analisa Yudika Wulandari, Pratiwi Wahyu Widiarti

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats