Pengaruh iklan televisi Bukalapak terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa di Yogyakarta
Benni Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan televisi bukalapak terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa di yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian survey. Data yang digunakan merupakan data hasil pengisian kuisioner oleh para responden yang ternasuk dalam kategori mahasiswa atau mahasiswi yang pernah bertransaksi menggunakan Bukalapak. Pengolahan data hasil kuisioner menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa yang terdaftar di universitas yang beralamat di kecamatan Depok, sleman berjumlah 130.542 orang. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Multistage Random Sampling, dan di tentukan sebanyak 100 sample. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklan televisi Bukalapak terhadap keputusan pembelian mahasiswa di Yogyakarta dimana rhitung lebih besar dari rtabel (3,512 >1,66055). Hasil dari uji signifikansi menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan jika hipotesis diterima sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklan televisi Bukalapak terhadap keputusan pembelian mahasiswa di Yogyakarta.
This study aims to determine the effect of Bukalapak television advertising to purchase decisions of college student in Yogyakartqa . The research used quantitative approach, with the type of survey research. The data of this research based on result of questionnaire that filled by respondents belonging to the category of college student who have ever used a Bukalapak transaction. Data processing of questionnaire results uses SPSS version 25 software. The population in this study was college student who registered at the university and living in depok sleman with 30.651 number of people. Sampling in this study used the Multistage Random Sampling technique, and determined a total of 100 samples. The results of this study there are is a positive and significant influences between bukalapak television advertising on college student purchasing decision in Yogyakarta where rcalculate is greater than the rtabel (3,512 >1,66055) . Results of the significance test using the correlation Product Moment indicate if the hypothesis was received so that there was a positive and significant influence between the Bukalapak television advertising on college student purchase decision in Yogyakarta.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i1.16827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Budi Gunawan, Benni Setiawan
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.