PESAN KRITIK SOSIAL TERHADAP LINGKUNGAN PENDIDIKAN DI KOREA SELATAN (ANALISIS ISI PADA DRAMA SKY CASTLE)
Pratiwi Wahyu Widiarti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) Pesan kritik sosial terhadap lingkungan pendidikan yang terdapat dalam drama Sky Castle. 2) Bagaimana pesan kritik sosial terhadap lingkungan pendidikan yang terdapat dalam drama Sky Castle disampaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Objek penelitian yang dipilih adalah drama Sky Castle karya Yoo HyunMi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan studi pustaka terhadap adegan-adegan dalam 20 episode drama Sky Castle. Analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat beberapa kritik sosial terhadap lingkungan pendidikan di Korea Selatan dalam drama Sky Castle yaitu; a) Untuk lingkungan keluarga, terdapat pesan kritik untuk fenomena education fever, yaitu fenomena dimana orang tua memiliki hasrat yang besar dan terobsesi untuk memasukan anaknya ke tiga Universitas ternama, SKY (Seoul National University, Korea University dan Yonsei University). Lalu muncul juga pesan kritik untuk kultur di Korea Selatan dimana seorang ayah jarang terlibat dalam proses pendidikan anak. b) Untuk lingkungan sekolah, terdapat pesan kritik untuk murid yang menjadi egois dan sombong, dan menganggap teman sekelasnya adalah batu loncatan dan saingan yang harus dikalahkan. Lalu juga muncul kritik untuk guru yang kurang peduli pada muridnya dan hanya terfokus untuk mempersiapkan dan menekan murid-murid untuk lolos ujian universitas. c) Untuk lingkungan masyarakat, terdapat kritik untuk masyarakat yang terlalu kompetitif dan bersaing secara brutal hingga melalukan kecurangan untuk memasukan anaknya ke SKY. 2) Pesan kritik sosial dalam drama Sky Castle digambarkan atau dimunculkan dalam dialog konflik antar tokoh.
Kata kunci: Kritik Sosial, Lingkungan Pendidikan, Sky Castle, dan analisis isi
ABSTRACT
The objective of this research are to describe: 1) Social critics message towards Educational Enviroment in Yoo Hyunmi’s Sky Castle 2) the methods of portraying the social critics message towards Educational Environment in Yoo Hyunmi’s Sky Castle. This research used a qualitative approach with content analysis method. The chosen object of this research was Yoo Hyunmi’s Sky Castle. The data collection tehnique used in this research was documentation, observation, literature study toward the scenes that occurred in 20 episodes of Sky Castle. The Data analysist used in this research was content analysist. The result that shown in this research are; 1) There are social critics message toward educational environment in South Korea shown in Sky Castle, which are; a) to family enivroment, there are critics for phenomenon called Education Fever, which was a phenomenon where the parents had a strong desire and obsessed to put their childern to three most prestigious University, SKY (Seoul National University, Korea University andYoesei University). Moreover, there was a critics message of the culture in south korea caused by the absence of father’s involvement in children’s education process. b) to School Environment, there are critics for student who turned into a selfish individual and arrogant, also considered her classmates as stepping stones and enemies that should be taken over. Moreover, there are critics that shown for ignorance teachers who focused only to prepare and emphasize their students to pass University’s entrance examination. c ) to social environment, there are critics message for society that are being too competitive and brutally compete up to the point of using all methods to make their childern to pass the SKY University entrance examination. 2) Social critics message in Yoo HyunMi’s Sky Castle, are portrayed or shown in the form of conflict dialogues between characthers.
Keywords: Social Critics, South Korea, Education Environmental , Sky Castle, content analysistFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i1.16825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mikhael Yudhistira Prananjaya, Pratiwi Wahyu Widiarti
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.