MANAJEMEN MEDIA AKUN @explorejogja
Dyna Herlina Suwarto, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen media pada akun @explorejogja merupakan media yang memberikan informasi tentang pariwisata pertama di Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, peneliti menjelaskan proses manajemen media yang dilakukan oleh @explorejogja khususnya dalam pengelolaan Instagram. Subjek penelitian ini adalah admin kedua @explorejogja. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber Teknik analisis data yang digunakan adalah milik Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) pada tahap perencanaan, pelaksanaan tujuan awal sudah terealisasi dengan baik, hal ini terlihat dari terlaksana tujuan pelayanan @explorejogja. (2) Pada tahap pengorganisasian, @explorejogja memiliki admin untuk memudahkan produksi konten sesuai bidang kerja. (3) Pengarahan dan memberikan pengaruh, pada tahap ini komunikasi yang nyaman antar anggota dan motivasi untuk berkontribusi bagi followers akun @explorejogja menjadi hal yang berpengaruh bagi kinerja anggota. (4) Tahap pengawasan pada media @explorejogja dilakukan melalui evaluasi.
Kata kunci: Manajemen media, @explorejogja
Abstract
This research purpose to describe the process of media management at @explorejogja which is a media that provides information about the tourism in Yogyakarta. This research is a qualitative descriptive study, the researcher explains the process of media management carried out by @explorejogja especially in managing Instagram. The subject of this research is the two admin @explorejogja. Data collection techniques used are interviews and data validity techniques used are source triangulation The data analysis technique used is the property of Miles & Huberman which consists of four stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. From the results of the study it can be concluded that (1) at the planning stage, the implementation of the initial objectives was well realized, this can be seen from the implementation of @explorejogja's service objectives. (2) At the organizing stage,@explorejogja has an employees to facilitate the production of content according to the field of work. (3) Directing and influencing, at this stage convenient communication between members and the motivation to contribute to @explorejogja account followers becomes an effect on member performance. (4) Stage of supervision on @explorejogja media is carried out through evaluation.
Keywords: Media management, @explorejogja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v3i1.16820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Khairunnisa Yasa, Dyna Herlina Suwarto
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.