STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMPAN STREETBAR MUNTILAN

Deci Vennamiati, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Pratiwi Wahyu Widiarti, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Tampan Streetbar Muntilan dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi Tampan Streetbar Muntilan dalam merealisasikan strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini yaitu owner, staf marketing, dan pengunjung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan Model Miles & Huberman yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi komunikasi pemasaran meliputi, a) audiens sasaran Tampan Streetbar yaitu pelajar/mahasiswa dan ibuk/bapak-bapak, dengan rentan usia12-40 tahun, b) tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mempromosikan produk Tampan Streetbar khususnya menu-menu baru, c) pesan yang disampaikan terkait promosi produk dan menu baru, disampaikan melalui media sosial Instagram, d) saluran komunikasi melalui barista dan Instagram, e) anggaran komunikasi pemasaran disesuaikan dengan tujuan dan jenis saluran komunikasi yang dipilih, f) bauran komunikasi pemasaran yang digunakan yaitu iklan melalui Instagram Ads; promosi penjualan melalui promo diskon, promo Go-Jek, dll; personal selling melalui barista; direct marketing melalui pameran dan Instagram, g) mengukur umpan balik dilakukan dengan melihat data hasil penjualan, h) Tampan Streetbar belum mengimplementasikan IMC. 2) Hambatan dalam implementasi strategi komunikasi pemasaran yaitu kurangnya kemampuan akan teknologi, desain grafis, dan mengelola akun Instagram.

Kata kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Bauran Komunikasi Pemasaran, Tampan Streetbar

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i3.16315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Deci Vennamiati, Pratiwi Wahyu Widiarti

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats