STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PENGELOLA WISATA ALAM POSONG DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Muhammad Tigor Irfandani, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Suranto Aw, Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) strategi komunikasi pemasaran pengelola Wisata Alam Posong dalam meningkatkan kunjungan wisatawan 2) faktor yang mendorong peningkatan dan penurunan jumlah kunjungan wisatawan di Wisata Alam Posong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data melalui tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1) pengelola Wisata Alam Posong menggunakan strategi yang mencakup delapan langkah, a) khalayak sasaran Wisata Alam Posong yaitu Wisatawan Nusantara dan Wisatawan Mancanegara, b) tujuannya yaitu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, c) pesan disampaikan melalui media cetak yaitu berupa informasi fasilitas beserta harga dan foto-foto keindahan alam, sedangkan media sosial dengan intensif mengunggah story atau post di akun instagram dan facebook, d) saluran personal berupa pameran dan promosi langsung ke berbagai instansi, sekolah dan hotel, e) anggaran promosi ditetapkan setiap tahunnya, f) bauran promosi yang digunakan yaitu periklanan, promosi penjualan, acara & pengalaman, humas & publisitas, pemasaran langsung, pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal, g) mengukur hasil promosi dilakukan dengan melihat data kunjungan wisatawan, h) dalam mengoordinasi proses komunikasi yang terintegrasi, semua dilakukan oleh bagian pemasaran. 2) faktor yang mendorong peningkatan dan penurunan jumlah kunjungan wisatawan adalah cuaca, akses jalan yang kurang lebar, dan tempat parkir.

Kata kunci: Komunikasi, Strategi Komunikasi Pemasaran, Wisata Alam Posong.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/lektur.v2i3.16307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Tigor Irfandani, Suranto Aw

 

Creative Commons License

Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.

View My Stats