STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS AKUN TWITTER @SepakbolaSleman DALAM MENJALANKAN FUNGSI MEDIA SEBAGAI EDUKASI
Imam Nur Prasetya,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta Suranto Aw,
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui strategi komunikasi berbasis akun Twitter @SepakbolaSleman dalam menjalankan fungsi media sebagai edukasi, (2) mengetahui faktor pendukung akun Twitter @SepakbolaSleman dalam menjalankan fungsi sebagai media edukasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Analisis data dilakukan melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi dilakukan dengan tiga tahapan. (1) khalayak dilakukan dengan membaur dengan suporter PSS Sleman dan berdiskusi atau berbalas mention. (2) menyusun pesan pada tweet dengan lugas dan bahasa yang bersahabat, desain visual kreatif, dan selalu berusaha bersifat netral. (3) menetapkan metode dilakukan dengan cara repetisi dan menempatkan dirinya sebagai bagian suporter PSS Sleman Faktor-faktor pendukung dari strategi komunikasi yang diterapkan adalah (1) kemudahan mendapat koneksi internet (2) banyaknya pengguna Twitter di kalangan suporter PSS Sleman (3) Hubungan baik antara Sleman Football dan klub PSS Sleman (4) suporter PSS Sleman memiliki keinginan dalam mengakses info terkait klub.
Kata kunci: Strategi komunikasi, Edukasi, PSS Sleman, Akun Twitter @SepakbolaSleman
Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi is published by Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281 and licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.