ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOLAM RENANG KOPERASI WISATA BAHARI 45 DI KABUPATEN BANTUL

Faisal Rohman Hidayat,

Abstract


Abstrak
Kolam renang Koperasi Wisata Bahari 45 di Kabupaten Bantul memiliki fasilitas yang memenuhi
kebutuhan pengunjung tetapi jumlah pengunjung belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi pemasaran dari kolam renang Koperasi Wisata Bahari 45 di Kabupaten Bantul.
Strategi pemasaran adalah alat untuk mencapai tujuan perusahaan, dengan alat bantunya markerting mix.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik
sampling purposive. Sampel penelitian sebanyak tiga orang yaitu manajer, karyawan dan pengunjung.
Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan triangulasi data melalui sumber teori dan metode.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, kemudian penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh fakta bahwa produk kolam renang Koperasi Wisata Bahari 45
sudah sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Harga yang diberikan sesuai dengan fasilitas yang diberikan
dan terjangkau. Lokasi kolam renang Koperasi Wisata Bahari 45 strategis karena terletak di daerah wisata
pantai Depok. Promosi yang dilakukan kurang baik karena tidak melakukan periklanan. Sumber daya
manusia kolam renang Koperasi Wisata Bahari 45 direkuitmen dan dididik dengan baik. Proses yang
dilakukan sudah baik. Layanan pelanggan yang diberikan kepada pengunjung sudah baik. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa setelah dilakukan analisis strategi pemasaran bahwa factor promosi khusus pada
periklanan belum dilakukan secara optimal sehingga jumlah pengunjung kolam renang Koperasi Wisata
Bahari 45 belum maksimal.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kolam Renang, Koperasi Wisata Bahari 45
Abstract
Koperasi Wisata Bahari 45 Swimming Pool in Bantul has facilities that fulfills the needs of
visitors but the number of visitors has not been maximized. This study aims to determine the marketing
strategy of Koperasi Wisata Bahari 45 Swimming Pool in Bantul regency. Marketing strategy is a tool to
achieve company goals, with the help of markerting mix tool. This research is a qualitative descriptive
research. Collection of data is done by observation, interview and documentation. Selection of informants
in this study using purposive sampling technique. The sample of research as many as three people are
managers, employees and visitors. The validity of data is done by persistence and triangulation of data
through the source of theory and method. Data analysis technique is done by reducing data, presenting
data, then making conclusion. The result of the research is obtained that the product of Koperasi Wisata
Bahari 45 Swimming Pool is suitable with visitor requirement. Prices are given in accordance with the
facilities provided and affordable. The location of Koperasi Wisata Bahari 45 Swimming Pool is strategic
because it is located in the coastal tourist area of Depok. Promotion is not good because it does not do
advertising. Human resources of Koperasi Wisata Bahari 45 Swimming Pool is recruited and well
educated. The process is done well. Customer service provided to visitors is good. So, it can be concluded
that after the analysis of marketing strategy that the special promotional factors on advertising has not
been done optimally so that the number of visitors Koperasi Wisata Bahari 45 Swimming Pool not
maximal.
Keywords: Marketing Strategy, Swimming Pool, Koperasi Wisata Bahari 45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.