TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN GOR AMONGROGO YOGYAKARTA

Nur Rahman,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap
pelayanan GOR Amongrogo Yogyakarta yang terdiri dari faktor tangibles (bukti langsung),
reliability (kehandalan), responsivenes (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty
(empati). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode
survei dengan teknik pengambilan datanya berupa angket. Populasi yang digunakan yaitu
semua pengguna jasa GOR Amongrogo yang menggunakan GOR tersebut yang berjumlah 30
responden. Dalam penelitian ini sampel yang diambil dengan metode Nonprobability
Sampling menggunakan Accidental sampling. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi
product moment dengan hasil dari 30 butir dinyatakan valid dengan nilai korelasi ≥ r tabel
0.3061 atau probabilitas output SPSS ≤ 0,05. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus
Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas antara 0.80-1.00. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil
penelitian, dapat disimpulkan bahwa Tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan GOR
Amongrogo Yogyakarta sebagian besar menyatakan dalam kategori “Sedang” yaitu sebesar
43%.
Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan, GOR Amongrogo
Abstract
This study is aims to determine the level of customer satisfaction towards sports
center building of Amongrogo Yogyakarta consisting by the factors of tangibles, reliability,
responsiveness, assurance, and emphaty. This study is a descriptive communicative research
by using survey method and questionnaire for data collecting techniques. The population
used is whole Amongrogo sport center building service users which amounted to 30 persons
respondents. In this researchs, samples are taken by nonprobability sampling method and
will be performed using accidental sampling. The validity test of the instrument using the
product moment correlation with the results of 30 items declared valid with the corelation
value > r table 0.3061 or SPSS output probability < 0,05. The reliability instrument test is
using Alpha Cronbach formula and obtain reliability coeficient between 0.80-1.00. The data
analysis using descriptive analysis as outlined in percentages. Based on the result of the
research, it can be concluded that the level of customer satisfaction towards Amongrogo
sport center building services mostly expressed in the medium category, it namely 43%.
Key words: Satisfaction, Services, Amongrogo Sport Center Building

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.