PERSREPSI MEMBER VIRENKA GYM FITNESS CENTER TERHADAP STRATEGI PEMASARAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi member virenka gym fitness center
terhadap strategi pemasaran yang terdiri dari faktor harga, promosi, lokasi, dan produk/jasa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan
teknik pengambilan datanya berupa angket. Populasi yang digunakan yaitu semua anggota aktif
Virenka Gym fitness center yang mengikuti latihan beban dengan populasi 186 anggota. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 32 responden. Uji
validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dengan hasil dari 40 butir soal dinyatakan
valid dengan nilai korelasi ≥ r tabel 0. 2960 atau probabilitas output SPSS ≤ 0,05. Uji Reliabilitas
Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai interprestasi koefisien reliabilitas tinggi
yaitu antara 0.80-1.00. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam
bentuk persentase.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan presepsi member Virenka Gym fitness
center terhadap strategi pemasaran berkategori baik yaitu 38%. Sedangkan ditinjau dari beberapa
faktor dalam strtegi pemasaran berdasarkan faktor harga diperoleh hasil dengan kategori sedang yaitu
sebesar 41%, faktor promosi diperoleh hasil dengan kategori baik yaitu sebesar 53%, faktor lokasi
diperoleh hasil dengan kategori baik yaitu sebesar 50%, dan faktor produk/jasa diperoleh hasil sedang
yaitu sebesar 41%.
Kata Kunci : persepsi , fitness center, strategi pemasaran.
Abstract
This study aims to determine the perception of members virenka gym fitness center on
marketing strategy that consists of the price factor, promotions, locations, and products / services.
This research is descriptive quantitative research with survey method and data retrieval
techniques in the form of a questionnaire. The population used are all active members Virenka Gym
fitness centers that follow the weight training with a population of 186 members. The sample in this
study using the technique of accidental sampling with 32 respondents. Test the validity of the
instrument using the product moment correlation with the results of 40 items declared valid
correlation value r ≥ 0. 2960 or probability tables SPSS output ≤ 0.05. Test Reliability instrument
using Cronbach Alpha formula with high reliability coefficient value of the interpretation which is
between 0.80-1.00. Data were analyzed using descriptive analysis as outlined in percentage form.
Based on the research results can be concluded perception member Virenka Gym fitness
center against good marketing strategy category is 38%. While looking at several factors in strtegi
marketing is based on the price factor in the results obtained with category ie by 41%, promotional
factors result in both categories, namely by 53%, location factors result in both categories, namely by
50%, and the factor of the product / service result was that by 41%.
Keywords: perception, fitness center, marketing strategy.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi member virenka gym fitness center
terhadap strategi pemasaran yang terdiri dari faktor harga, promosi, lokasi, dan produk/jasa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan
teknik pengambilan datanya berupa angket. Populasi yang digunakan yaitu semua anggota aktif
Virenka Gym fitness center yang mengikuti latihan beban dengan populasi 186 anggota. Sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah 32 responden. Uji
validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dengan hasil dari 40 butir soal dinyatakan
valid dengan nilai korelasi ≥ r tabel 0. 2960 atau probabilitas output SPSS ≤ 0,05. Uji Reliabilitas
Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai interprestasi koefisien reliabilitas tinggi
yaitu antara 0.80-1.00. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam
bentuk persentase.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan presepsi member Virenka Gym fitness
center terhadap strategi pemasaran berkategori baik yaitu 38%. Sedangkan ditinjau dari beberapa
faktor dalam strtegi pemasaran berdasarkan faktor harga diperoleh hasil dengan kategori sedang yaitu
sebesar 41%, faktor promosi diperoleh hasil dengan kategori baik yaitu sebesar 53%, faktor lokasi
diperoleh hasil dengan kategori baik yaitu sebesar 50%, dan faktor produk/jasa diperoleh hasil sedang
yaitu sebesar 41%.
Kata Kunci : persepsi , fitness center, strategi pemasaran.
Abstract
This study aims to determine the perception of members virenka gym fitness center on
marketing strategy that consists of the price factor, promotions, locations, and products / services.
This research is descriptive quantitative research with survey method and data retrieval
techniques in the form of a questionnaire. The population used are all active members Virenka Gym
fitness centers that follow the weight training with a population of 186 members. The sample in this
study using the technique of accidental sampling with 32 respondents. Test the validity of the
instrument using the product moment correlation with the results of 40 items declared valid
correlation value r ≥ 0. 2960 or probability tables SPSS output ≤ 0.05. Test Reliability instrument
using Cronbach Alpha formula with high reliability coefficient value of the interpretation which is
between 0.80-1.00. Data were analyzed using descriptive analysis as outlined in percentage form.
Based on the research results can be concluded perception member Virenka Gym fitness
center against good marketing strategy category is 38%. While looking at several factors in strtegi
marketing is based on the price factor in the results obtained with category ie by 41%, promotional
factors result in both categories, namely by 53%, location factors result in both categories, namely by
50%, and the factor of the product / service result was that by 41%.
Keywords: perception, fitness center, marketing strategy.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.