ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP JUMLAH MEMBER DI LIFE GYM FITNESS YOGYAKARTA

Ari Saputra,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Life Gym Fitness yang
meliputi produk, tempat, harga, dan promosi serta pengaruhnya terhadap jumlah konsumen (member).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode
observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan manajer dari Life Gym Fitness. Sampel penelitian berjumlah
satu orang, yaitu pemilik dari Life Gym Fitness. Instrumen primer penelitian adalah penulis dan instrumen
skunder adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data
kualitatif secara deskriptif. Hasil penelitian analisis strategi pemasaran di Life Gym Fitness berdasarkan pada
variabel product di ambil kesimpulan bahwa Life Gym Fitness menonjolkan produk pada program peningkatan
berat badan dan penurunan berat badan. Hasil penelitian berdasarkan pada variabel place di atas dapat di ambil
kesimpulan lokasi Life Gym Fitness dalam hal ini cukup strategis, yaitu dekat dengan beberapa Universitas dan
kost mahasiswa serta lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat umum. Hasil penelitian berdasarkan pada
variabel price di ambil kesimpulan dalam menentukan harga pihak Life Gym Fitness melakukan survei ke
beberapa tempat penyedia jasa fitness. Potongan harga diberikan oleh pihak Life Gym Fitness dalam bentuk
pemberian bonus waktu latihan. Hasil penelitian berdasarkan pada variabel promosi di atas dapat diambil
kesimpulan selama ini pihak Life Gym Fitness melakukan promosi menggunakan brosur dan media online,
dengan sasaran publikasi adalah masayarakat umum. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah
disampaikan diketahui bahwa jumlah konsumen (member) Life Gym Fitness pada bulan Juni-Agustus
mengalami peningkatan. Penerapan strategi pemasaran yang tepat terbukti berpengaruh terhadap jumlah
konsumen.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Life Gym Fitness
Abstract
This study aims to investigate the marketing strategies applied by Life Gym Fitness in terms of product, place,
price, and promotion and their effects toward the number of consumers (members). This was a qualitativedescriptive study. The data were collected through observation, documentation, and depth-interview. The
research sample consisted of one person, namely the Manager of Life Gym Fitness. The primary research
instrument was the research himself and the secondary instruments were the interview guideline and
documentation. The data analysis technique was qualitative-descriptive analysis. The result of the study based
on the product variable shows that Life Gym Fitness emphasizes the product in the body weight and loss
programs, based on the place variable shows that the location of Life Gym Fitness is strategic because it is near
several universities and student boarding houses and it is easily accessible by the public, based on the price
variable shows that in deciding the price Life Gym Fitness conducts surveys in several locations providing
fitness services, based on the promotion variable shows that so far Life Gym Fitness carries out promotions
through brochure and online media. Based on the analysis and discussion, it can be concluded that the number
of consumers (members) of Life Gym Fitness in June-August increased. The application of an appropriate
marketing strategy is proved to affect the number of consumers.
Keywords: Strategy, Marketing, Life Gym Fitness

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.