PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE PADA MAHASISWA FIK UNY

Muhmmad Romadhoni,

Abstract


Abstrak
Citra merek merupakan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dengan faktor
yang mempengaruhi diantaranya: (1) faktor asosiasi keunggulan, (2) faktor asosiasi kekuatan, (3)
faktor asosiasi keunikan. Sedangkan keputusan pembelian suatu sangat dipengaruhi oleh penilaian
akan kualitas dari produk dan dipengaruhi oleh faktor diantaranya: (1) faktor kebudayan, (2)
faktor sosial, (3) faktor pribadi, (4) faktor psikologi. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh citra merek sepatu Nike terhadap pengambilan keputusan pembelian sepatu
Nike pada mahasiswa FIK UNY.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survei dengan
instrumen angket yang berisi butir pernyataan untuk memperoleh data tentang citra merek (brand
image) dan data tentang pengambilan keputusan. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa FIK
UNY tahun akademik 2014/2015 sebanyak 527, dengan cara purposive sampling diperoleh
sampel 50 mahasiswa.
Dari hasil penelitian diperoleh dari citra merek sebanyak 21 responden (42%) masuk
dalam katagori tinggi, untuk 29 responden (58 %) masuk dalam kategori sedang. Sedangkan
untuk keputusan pembelian diperoleh 17 responden (34 %) masuk dalam katagori sedang, untuk
32 responden (64%) masuk dalam katagori sedang, dan 1 responden (2%) masuk dalam katagori
rendah.
Kata kunci : citra merek, pengambilan keputusan, sepatu nike
Abstract
Brand image is a factor affecting the decision making factors with the factor that affects
such as: (1) excellence-associated factors, (2) strength- associated factor, (3) uniqeness
associated factor. Meanwhile, a purchase decision is very influenced by the assessment of the
quality of products and is influenced by factors such as: (1) factor of culture, (2) social factors,
(3) personal factors, (4) psychological factors. Therefore, this study aims to determine the effect
on the brand image of Nike shoes purchase decision on the students of Faculty of Sport Science
YSU.
This study was a correlational study using a questionnaire survey instrument containing
statement items to obtain data about the brand image and data on decision-making. The
population in this study was the students of Faculty of Sport Science YSU academic year
2014/2015 for 527 students. The samples in this study were obtained for 50 students.
From the research results, it is obtained from the brand image as much as 21 respondents
(42%) are included in the high category, for 29 respondents (58%) fall into the medium category.
As for purchasing decisions, it is obtained 17 respondents (34%) categorized into the medium
category, 32 respondents (64%) fall into the medium category, and 1 respondent (2%) is included
in the low category.
Keywords: brand image, decision-making, Nike shoes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.