ANALISIS BARGA DAN PROMOS! TERHADAP BANYAKNY A PELANGGAN THE FIT LAB DI HOTEL TARA YOGYAKARTA

Ima Nandasari, , Indonesia

Abstract


Peningkatan pelanggan  tidak terlepas  dari pengelolaan harga dan promosi  yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui peran  harga dan promosi  terhadap  banyaknya pelanggan.  Kualitas  harga  dan promosi  yang baik akan mempengaruhi peningkatan banyaknya pelanggan yang berimbas  pada keuntungan atau laba.

Penelitian   ini   merupakan   penelitian   deskriptif   kualititatif,    menggunakan   metode    observasi,    wawancara,

dokumentasi dan triangulasi. Teknik  wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dengan  sebagai  acuan menggunakan pedoman  wawancara. Dalam  menentukan subyek  wawancara, peneliti menggunakan purposive  sampling. Obyek  dalam penelitian ini adalah mengenai harga  dan promosi  yang  ada di The Fit Lab. Wawancara dilakukan  dengan manajer, karyawan dan pelanggan The Fit Lab. Keabsahan data menggunakan triangulasi  sumber  dan triangulasi teknik.

Hasil  penelitian   ini menyimpulkan bahwa  harga  dan promosi  mempengaruhi banyaknya pelanggan. Selain itu penetapan  harga dan promosi juga  harus memperhatikan kondisi  dan situasi segmen  pasar maupun  kebutuhan masyarakat. Dari basil data pelanggan,  pelanggan terendah  yaitu pada bulan  Juni dan Desember 2017 sebanyak  20 orang.  Hal tersebut dikarenakan  The Fit Lab tidak  melakukan variasi  harga  dan  promosi  atau  off promo  dengan  ketentuan   harga  normal. Pelanggan   tertinggi   pada  bulan  Februari   2018  sebanyak   54  orang,   hal  ini  dikarenakan  harga  dan  promosi   tersebut menguntungkan untuk  pelanggan  dan sesuai  dengan  kondisi  dan situasi  masyarakat. Berdasarkan pernyataan pelanggan, peran harga  dan promosi  menciptakan kepuasan pelanggan  dan banyaknya pelanggan.


Kata Kunci:  Harga, Promosi,  Pelanggan.


 

 

ABSTRACT


 

An increased number  of customers  is related to pricing management and proper  promotion. This research  aims to analyze and identify the roles of price and promotion toward  the number  of customers.  Competitive price and promotional quality  will increase the number  of customers  that may subsequently generate  profit.

This research  is of qualitative descriptive research,  using observation  interview,  documentation,  and triangulation

method.  The applied  interview  technique is a semi-structured interview  with reference to using  interview guidelines.   In determining the  subject of interview, researcher utilizes  purposive  sampling. The  objects in this  research  are price  and promotion that exist in The Fit Lab. Interviews are conducted with the manager,  employees,  and customers  of The Fit Lab. The data validity is accomplished by source triangulation and technique triangulation.

The results of this research  conclude  that price and promotion affect the number  of customers.  In addition,  pricing

and promotion should  also consider  the condition and situation  of market  segments  and society  needs. From the results  of customer  data, the lowest number  of customers  is in June and December 2017 that recorded  as few as 20 people. It is caused by the  lack of price  and  promotion variations  or off-promo with normal  price.  The  highest number  of customers is  in February  20 I 8 that recorded as many as 54 people.  This is due to the profitable  price and proper  promotion for customers that  are  in  accordance  with the  conditions  and  situations  of the  observed   society.  Furthermore,  based  on  customers statements, roles of price and proper  promotion generate  customers  satisfaction and the number  of customers.


Keywords:  Price, Promotion, Customers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.