KEAKTIVAN SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS ATAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SLB NEGERI I PEMBINA YOGYAKARTA

Fidelis Detama, , Indonesia

Abstract


Fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat keaktivan siswa tunagrahita dalam
mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB N I Pembina yang memiliki karakteristik berbeda
dengan siswa non difabel. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keaktivan siswa tunagrahita dalam
mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SLB N I Pembina.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita SLB N I Pembina berjumlah 40 siswa.
Sampel yang digunakan berjumlah 25 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktivan siswa tunagrahita dalam mengikuti
pembelajaran pendidikan jasmani di SLB N I Pembina sebesar 56% pada keaktivan fisik dan
sebanyak 48% pada keaktivan non fisik. Disimpulkan bahwa siswa tunagrahita ringan aktif dalam
kegiatan fisik dan pada kegiatan non fisik anak tunagrahita ringan kadang aktif saat pembelajaran
pendidikan jasmani sampai selesai.
Kata kunci : Keaktivan siswa Tunagrahita, Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Abstract
Focused issue in this research is how much the enthusiasm level of intellectual disability
students, who have different characteristics towards non-disabled, in joining the physical education at
SLB N I Pembina. The purpose of this research is to discover the liveliness level of intellectual
disability students in joining the physical education at SLB N I Pembina.
The targets of the research’s population are all of the 40 intellectual disability students of SLB N
I Pembina. By using purposive sampling method. 25 students were chosen to be the sample. The data
analyzing method used is descriptive quantitative
The result of the research shows that the liveliness level of the intellectual disability students of
SLB N I Pembina in joining the physical educations is 56% in physical activity and 48% for the nonphysical activity. It is conclude that mild intellectual disabled students in joining physical education in
physical activities while in non-physical activities, they are occasionally active to the end of the
session.
Keywords: liveliness level of intellectual disability students, physical education

Refbacks

  • There are currently no refbacks.