HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA PROGRAM IIS DI SMA N KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar siswa di rumah dengan hasil belajar, (2) ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar geografi, (3) ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar siswa di rumah dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitiannya yaitu kelas X IIS dan XI IIS SMA Negeri Karangpandan. Sampel penelitian ini yakni siswa X IIS 4, X IIS 5, XI IIS 1, XI IIS 2 dengan jumlah 145 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin lengkap fasilitas belajar yang dimilki oleh siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dengan r hitung= 0,549 dengan p= 0.000 yang berarti signifikan, (2) semakin tinggi motivasi belajar siswa semakin baik pula hasil belajar siswa, dengan r hitung= 0,598 dengan p= 0,000 yang berarti signifikan, (3) Fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 50.1%. Sedangkan 49,4% hasil belajar dikontribusikan oleh aspek-aspek lain yang tidak diteliti. Dengan demikian fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa memiliki kontribusi yang tinggi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitiannya yaitu kelas X IIS dan XI IIS SMA Negeri Karangpandan. Sampel penelitian ini yakni siswa X IIS 4, X IIS 5, XI IIS 1, XI IIS 2 dengan jumlah 145 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin lengkap fasilitas belajar yang dimilki oleh siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dengan r hitung= 0,549 dengan p= 0.000 yang berarti signifikan, (2) semakin tinggi motivasi belajar siswa semakin baik pula hasil belajar siswa, dengan r hitung= 0,598 dengan p= 0,000 yang berarti signifikan, (3) Fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 50.1%. Sedangkan 49,4% hasil belajar dikontribusikan oleh aspek-aspek lain yang tidak diteliti. Dengan demikian fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa memiliki kontribusi yang tinggi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1