PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI INTERAKTIF MATERI SEBARAN FLORA-FAUNA DI INDONESIA DAN DUNIA MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan media pembelajaran geografi
interaktif materi sebaran flora-fauna di Indonesia dan dunia dengan menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan untuk peserta didik kelas XI, dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora- fauna di Indonesia dan dunia dengan menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran geografi, dan uji coba pada peserta didik SMA kelas XI.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) oleh Lee & Owens. Subjek penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas XI IPS yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora-fauna di Indonesia dan dunia. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi dan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan untuk peserta didik kelas XI berhasil dikembangkan;
2) media pembelajaran dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas maupun sebagai sumber belajar mandiri peserta didik dengan penilaian: a) ahli materi menilai layak pada aspek kualitas materi dan aspek kualitas pembelajaran dengan rerata skor 3.05 dan 3.00 b) ahli media menilai layak pada aspek kualitas pemrograman dan sangat layak aspek kualitas tampilan dengan rerata skor 3.00 dan 3.35, c) praktisi pembelajaran geografi menilai sangat layak pada aspek kualitas materi dan aspek kualitas pembelajaran dengan rerata skor 3.60 dan 3.70, d) penilaian peserta didik pada uji coba menghasilkan penilaian sangat layak pada aspek keterlaksanaan dengan rerata skor 3.45.
interaktif materi sebaran flora-fauna di Indonesia dan dunia dengan menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan untuk peserta didik kelas XI, dan 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora- fauna di Indonesia dan dunia dengan menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran geografi, dan uji coba pada peserta didik SMA kelas XI.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) oleh Lee & Owens. Subjek penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas XI IPS yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora-fauna di Indonesia dan dunia. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi dan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran geografi interaktif materi sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia menggunakan software Adobe Flash di SMA Negeri 1 Seyegan untuk peserta didik kelas XI berhasil dikembangkan;
2) media pembelajaran dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas maupun sebagai sumber belajar mandiri peserta didik dengan penilaian: a) ahli materi menilai layak pada aspek kualitas materi dan aspek kualitas pembelajaran dengan rerata skor 3.05 dan 3.00 b) ahli media menilai layak pada aspek kualitas pemrograman dan sangat layak aspek kualitas tampilan dengan rerata skor 3.00 dan 3.35, c) praktisi pembelajaran geografi menilai sangat layak pada aspek kualitas materi dan aspek kualitas pembelajaran dengan rerata skor 3.60 dan 3.70, d) penilaian peserta didik pada uji coba menghasilkan penilaian sangat layak pada aspek keterlaksanaan dengan rerata skor 3.45.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1