STUDI KOMPARASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan model Inquiry Based Learning dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitan Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Yogyakarta dan SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan sampel siswa kelas XI IPS 1 SMA N 6 Yogyakarta dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Simple random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel penelitian ini. Validitas instrumen dihitung melalui program SPSS 16.0 dengan hasil
5 soal yang tidak valid dari 30 soal pilihan ganda dan 1 soal essay. Reliabilitas instrumen melalui dengan Cronbachâs Alpha dengan hasil sebesar 0,916. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smirnov dengan hasil sebesar 0,617 untuk model Problem Based Learning dan
0,803 untuk model Inquiry Based Learning. Uji homogenitas menggunakan Leveneâs Test dengan hasil sebesar 0,091 untuk model Problem Based Learning dan 0,192 untuk model Inquiry Based Learning. Uji-t pada taraf signifikasi 0,05 digunakan sebagai analisis data hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geografi siswa yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning. Perhitungan nilai gain score kelas eksperimen model Problem Based Learning sebesar 0,62 dan kelas eksperimen model Inquiry Based Learning sebesar 0,49. Perhitungan uji-t nilai gain score terhadap kelas eksperimen Problem Based Learning dan Inquiry Based
Learning sebesar 0,01 < nilai ð¶= 0,05. Hasil belajar geografi siswa dengan menggunakan
model Problem Based Learning diperoleh rerata sebesar 84,72 lebih tinggi dibanding Inquiry
Based Learning dengan rerata sebesar 80,33. Model Problem Based Learning lebih efektif daripada Inquiry Based Learning untuk pembelajaran geografi dengan tema sebaran flora dan fauna di Indonesia dan di dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim.
Penelitian ini merupakan penelitan Quasi Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Yogyakarta dan SMA Negeri 7 Yogyakarta dengan sampel siswa kelas XI IPS 1 SMA N 6 Yogyakarta dan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Simple random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel penelitian ini. Validitas instrumen dihitung melalui program SPSS 16.0 dengan hasil
5 soal yang tidak valid dari 30 soal pilihan ganda dan 1 soal essay. Reliabilitas instrumen melalui dengan Cronbachâs Alpha dengan hasil sebesar 0,916. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smirnov dengan hasil sebesar 0,617 untuk model Problem Based Learning dan
0,803 untuk model Inquiry Based Learning. Uji homogenitas menggunakan Leveneâs Test dengan hasil sebesar 0,091 untuk model Problem Based Learning dan 0,192 untuk model Inquiry Based Learning. Uji-t pada taraf signifikasi 0,05 digunakan sebagai analisis data hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geografi siswa yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning dan Inquiry Based Learning. Perhitungan nilai gain score kelas eksperimen model Problem Based Learning sebesar 0,62 dan kelas eksperimen model Inquiry Based Learning sebesar 0,49. Perhitungan uji-t nilai gain score terhadap kelas eksperimen Problem Based Learning dan Inquiry Based
Learning sebesar 0,01 < nilai ð¶= 0,05. Hasil belajar geografi siswa dengan menggunakan
model Problem Based Learning diperoleh rerata sebesar 84,72 lebih tinggi dibanding Inquiry
Based Learning dengan rerata sebesar 80,33. Model Problem Based Learning lebih efektif daripada Inquiry Based Learning untuk pembelajaran geografi dengan tema sebaran flora dan fauna di Indonesia dan di dunia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1