HUBUNGAN PENGETAHUAN, MINAT DAN SIKAP DENGAN PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM KELUARGA BERENCANA (KB) DI DESA PAKEMBINANGUN KECAMATAN PAKEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Keluarga Berencana; 2) Hubungan pengetahuan dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam Keluarga Berencana; 3) Hubungan minat dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam keluarga berencana; 4) Hubungan sikap dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam Keluarga Berencana. Desain Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Daerah penelitian ini adalah Desa Pakembinangun. Jumlah sampel sebanyak 88 responden diambil 10 persen dari jumlah populasi sebanyak 878 ibu peserta KB. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Analisis data menggunakan Chi square atau Chi kuadrat dengan taraf siginifikasi 5 persen. Teknik pengumpulan data mennggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisa statistik untuk analisis frekuensi. Pengujian hipotesis menggunakan chi kuadrat dengan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Partisipasi Ibu rumah tangga aktif mencapai 76,6 persen melebihi dari target tingkat nasional. Metode jarum suntik paling banyak digunakan. Tempat beli dan pemasangan alat KB dilakukan paling banyak tempat pemerintah (puskesmas, rumah sakit negeri) dibandingkan swasta. 2) Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam Keluarga Berencana. 3) Ada hubungan yang signifikan antara minat dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam keluarga berencana. 4) Ada hubungan yang signifikan antara sikap dengan partisipasi ibu rumah tangga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa partisipasi ibu rumah tangga terhadap KB sangat tinggi. Terdapat hubungan antara pengetahuan, minat, dan sikap dengan partisipasi ibu rumah tangga dalam Keluarga berencana di Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1