HUBUNGAN ANTARA AKSESIBILITAS SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 1 PANGGANG, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Santi Rohimawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat aksesibilitas menuju SMA Negeri 1 Panggang, (2) Mengetahui hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Panggang, dan (3) Mengetahui kecenderungan hubungan antara aksesibilitas sekolah dengan hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 1 Panggang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan satu variable bebas dan satu variabel terikat. Sebagai variabel bebas yaitu aksesibilitas sekolah terdiri dari jarak, waktu tempuh, biaya, medan tempuh dan transportasi. Sebagai variabelterikat adalah hasil belajar geografi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan sampel penelitian sebesar 129 orang siswa kelas X dan XI IPS. Yang dipilih menggunakan rumus Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi
Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Tingkat aksesibilitas SMA Negeri 1 Panggang berdasarkan 14 rute yang dilalui siswa sebagian besar (19,4%) berasal dari Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang. Dari 14 rute yang diteliti, 50% memiliki tingkat aksesibilitas tinggi, dan 50% memiliki tingkat aksesibilitas menengah. 2) Faktor aksesibilitas berdasarkan jarak dengan kriteria dekat terdapat 51%. Waktu tempuh dengan kriteria sedang paling banyak, yaitu 56,4%. Pengeluaran biaya untuk transportasi dengan kriteria murah terdapat 64,9%. Medan tempuh dengan kondisi sedang sebanyak 54,9%. Alat transportasi yang digunakan siswa 90% berupa sepeda motor. 3) Hasil belajar geografi siswa pada rentang rendah (36-55) yaitu sebanyak 56,5% 3) Hasil analisis menggunakan SPSSfor Windows Versi
17.0 secara keseluruhan menujukan tidak adanya hubungan antara aksesibilitas dengan hasil belajar geografi siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1