EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING DAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL

Annisa Nugraheni,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar antara metode
Role Playing dengan ceramah dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS di SMA N 1
Pleret. (2) Efektivitas Metode pembelajaran Role Playing dengan ceramah terhadap prestasi
belajar geografi kelas XI IPS di SMA N 1 Pleret. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi
Experiment dengan desain Pretest-Posttest Control group design. Variabel bebas pada
penelitian ini yaitu Metode pembelajaran Role Playing dan metode ceramah, serta variabel
terikat yaitu prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pleret
yang berjumlah 83 siswa. Sampel penelitian diambil secara purposive yaitu masing-masing
24 siswa kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 3. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi
belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Data penelitian
diolah dengan bantuan program SPSS 11,5 for windows. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar geografi
menggunakan metode pembelajaran Role playing dengan prestasi belajar geografi dengan
metode ceramah. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai post test yang kemudian dilakukan
pengujian hipotesis berupa perhitungan uji-t dengan hasil p sebesar 0,00 yaitu lebih kecil
dari 0,05. (2) Efektivitas Metode pembelajaran Role Playing lebih tinggi dibandingkan
dengan metode ceramah terhadap prestasi belajar geografi kelas XI IPS SMA N 1 Pleret.
Hal ini dibuktikan dengan nilai post test rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 80,96,
sedangkan rata-rata nilai post test kelas kontrol yaitu 73,50. Peningkatan prestasi belajar
pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil
perhitungan gain score pada kelas eksperimen yaitu 0,56 dan gain score kelas kontrol yaitu
0,39

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1