DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA KELAS X KURIKULUM 2013DI KABUPATEN BANTUL

Muhammad Rizki Dewantara,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran geografi SMA di Kabupaten Bantul ditinjau dari dimensi guru, wakil kepala sekolah, siswa yang meliputi: (1) pemahaman Kurikulum 2013 (2) perencanaan pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran, (4) kendala yang dihadapi dan (5) tanggapan siswa Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif digunakan untuk melihat implementasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah SMA di Kabupaten bantul yang menjadi piloting Kurikulum 2013 berjumlah 6 SMA. Penentuan Sampel guru menggunakan
purposive sampling sedangkan siswa menggunakan random sampling. Data yang dikumpulkan meliputi: pemahaman guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kendala dan tanggapan siswa,. Teknik pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen pengumpulan datanya berupa daftar pertanyaan (angket), lembar observasi, wawancara dan lembar dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif kemudian untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman konsep kurikulum 2013 guru geografi di Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan rata-rata 92,15% dengan kategori sangat baik (2) perencanaan pembelajaran guru geografi di Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan rata-rata 44,45% dengan kategori kurang, (3) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru geografi di Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan rata-rata 95,18% dengan kategori sangat baik, (4) kendala yang dihadapi didalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan pihak sekolah terkait minat sebagian siswa terhadap pembelajaran geografi yang rendah dan ketersediaan laboratorium geografi di setiap SMA yang masih kurang, (5)siswa beranggapan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakun guru sudah berjalan dengan ratarata 80,94% dengan kategori baik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1