PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI HIDROSFER SMA KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan E-Learning menggunakan Learning
Management System (LMS) sebagai media pembelajaran geografi pada materi hidrosfer untuk SMA kelas X yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran geografi dan uji coba terhadap kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) model Borg dan Gall yang dimodifikasi. Prosedur pengembangan meliputi tahap: pendahuluan, perencanaan, pengembangan draft produk dan penilaian. Berdasarkan analisis produk, E-Learning layak digunakan untuk proses pembelajaran berdasarkan: 1) ahli materi menilai baik dengan rerata skor 3,87 pada aspek kualitas materi dan menilai baik dengan rerata skor 4 pada kualitas pembelajaran. 2) ahli media menilai sangat baik dengan rerata skor 4,22 dari aspek pemrograman dan menilai sangat baik dengan rerata skor 4,15 dari aspek tampilan. 3) praktisi pembelajaran geografi menilai sangat baik dengan rerata skor 4,2 pada kualitas materi dan sangat baik dengan rerata skor 4,4 dari aspek kualitas pembelajaran. 4) Uji coba lapangan siswa menilai sangat baik pada tahap pertama dengan skor rata-rata 4,53 dan tahap kedua skor rerata 4,43.
Management System (LMS) sebagai media pembelajaran geografi pada materi hidrosfer untuk SMA kelas X yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran geografi dan uji coba terhadap kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development) model Borg dan Gall yang dimodifikasi. Prosedur pengembangan meliputi tahap: pendahuluan, perencanaan, pengembangan draft produk dan penilaian. Berdasarkan analisis produk, E-Learning layak digunakan untuk proses pembelajaran berdasarkan: 1) ahli materi menilai baik dengan rerata skor 3,87 pada aspek kualitas materi dan menilai baik dengan rerata skor 4 pada kualitas pembelajaran. 2) ahli media menilai sangat baik dengan rerata skor 4,22 dari aspek pemrograman dan menilai sangat baik dengan rerata skor 4,15 dari aspek tampilan. 3) praktisi pembelajaran geografi menilai sangat baik dengan rerata skor 4,2 pada kualitas materi dan sangat baik dengan rerata skor 4,4 dari aspek kualitas pembelajaran. 4) Uji coba lapangan siswa menilai sangat baik pada tahap pertama dengan skor rata-rata 4,53 dan tahap kedua skor rerata 4,43.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Geo Educasia - S1