ENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI SIKLUS HIDROLOGI DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Indri Astika,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran puzzle siklus hidrologi, serta 2) pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa ditingkat SMA kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada tahap model pengembangan dari Sugiyono (2015:409). Tahap-tahap model pengembangan meliputi potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, ujicoba produk pada siswa SMA N 1 Gamping kelas X. Ujicoba produk dilaksanakan pada kelompok terbatas dan luas. Untuk mengetahui kelayakan produk berupa media pembelajaran puzzle maupun motivasi belajar siswa digunakan angket dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran puzzle siklus hidrologi terdiri atas a) penilaian kelayakan media oleh ahli materi. Berdasarkan penilaian uji kelayakan media oleh ahli materi pada komponen pembelajaran diperoleh skor sebesar 55 yang termasuk dalam kategori sangat baik. b) Penilaian kelayakan media oleh guru geografi SMA, menunjukkan bahwa penilaian didapatkan dari tiga komponen kelayakan meliputi pembelajaran, media dan penggunaan media. Masing-masing komponen termasuk dalam kategori media yang sangat baik dan diperoleh skor dengan angka 38, 31, dan 10. c) Penilaian kelayakan media oleh siswa kelompok terbatas juga diperoleh dari tiga komponen kelayakan yaitu materi memiliki skor 93, media memiliki skor 136, dan pembelajaran dengan skor 42. Kedua komponen materi dan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan komponen media termasuk dalam kategori baik. d) Penilaian kelayakan media juga dilakukan pada siswa kelompok luas yang ketiga komponen kelayakannya meliputi materi, media, dan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Komponen tersebut masingmasing mendapatkan skor yaitu 116 pada komponen materi, 173 untuk komponen media, dan 58 untuk komponen pembelajaran. 2) Media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMA kelas X ditunjukkan dengan adanya t-hitung sebesar -2,604<0,05 atau Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan motivasi belajar siswa SMA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geo Educasia - S1