APLIKASI MODEL SIKAP FISHBEIN UNTUK PENILAIAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 3 BANTUL

Wahyu Renni Perwitasari,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menilai sikap peduli lingkungan siswa berdasarkan Model Sikap Fishbein, (2) mengukur kontribusi keyakinan dan evaluasi terhadap sikap peduli lingkungan siswa, (3) menguji secara empiris korelasi antara pengetahuan kelingkungan dengan sikap peduli lingkungan siswa. Populasi penelitian yakni siswa kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 3 Bantul yang berjumlah 569 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan Rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, diperoleh sampel sebanyak 86 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket model Skala Likert untuk memperoleh data variabel sikap peduli lingkungan (keyakinan dan evaluasi terhadap atribut i) dan tes untuk mengukur pengetahuan kelingkungan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier ganda, dan Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap peduli lingkungan siswa SMA Negeri 3 Bantul berdasarkan Model Sikap Fishbein termasuk dalam kelas kurang peduli 31,4% dengan rata-rata skor sebesar 429,14. Keyakinan siswa terhadap atribut i pada kelas rendah sebanyak 32,5% dengan rata-rata skor sebesar 105,06 dan evaluasi siswa terhadap atribut i pada kelas rendah sebanyak 33,7% dengan rata-rata skor sebesar 112,13. (2) Keyakinan dan evaluasi pada atribut i berkontribusi secara signifikan yakni dengan sumbangan efektif sebesar 98,5%. Sumbangan relatif masing-masing yakni keyakinan terhadap atribut i sebesar 52,5% dan evaluasi terhadap atribut i sebesar 47,5%. (3) Terdapat korelasi antara pengetahuan kelingkungan dengan sikap peduli lingkungan dengan nilai r sebesar 0,907 dan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Oleh karena itu, semakin tinggi pengetahuan maka semakin tinggi pula sikap peduli lingkungan siswa SMA Negeri 3 Bantul

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geo Educasia - S1