ANALISIS SPASIAL KESESUAIAN LOKASI SEKOLAH DASAR DENGAN PERMUKIMAN PENDUDUK DI KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN PROVINSI DIY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Distribusi layanan Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Berbah, (2) Karakteristik pola persebaran permukiman penduduk pada tiap kelurahan di Kecamatan Berbah , (3) Kesesuaian antara distribusi lokasi Sekolah Dasar dengan pola persebaran permukiman penduduk di Kecamatan Berbah. Lokasi bangunan Sekolah Dasar apakah sudah sesuai dengan perundangundangan dari badan standar pendidikan dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan Sekolah Dasar. Tiga rumusan masalah penelitian diajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasinya adalah seluruh lokasi Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Berbah. Penelitian ini membahas mengenai kesesuaian lokasi Sekolah Dasar, persebaran Sekolah Dasar, dan persebaran permukiman apakah sudah sesuai dengan perundang-undangan dari badan standar pendidikan dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan Sekolah Dasar. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi instansi-instansi terkait, seperti Pemerintah Kecamatan Berbah dan UPT Pelayanan Pendidikan Kecamatan Berbah. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis tetangga terdekat, dan analisis tumpang susun (overlay). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola persebaran Sekolah Dasar adalah menyebar tidak merata (random pattern). (2) Pola persebaran permukiman juga menyebar tidak merata (random pattern). (3) Lokasi bangunan Sekolah Dasar berjarak 3 km di sekitar permukiman penduduk. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lokasi bangunan Sekolah Dasar di Kecamatan Berbah sesuai dengan permukiman penduduknya. Namun, perlu adanya pemerataan lokasi Sekolah Dasar dan permukiman di tiap kelurahan karena adanya ketimpangan jumlah rombongan belajar (rombel) dan kepadatan penduduk yang cukup besar di beberapa kelurahannya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Geo Educasia - S1