PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 2 PURWOREJO DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Geografi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo ditinjau dari Motivasi Belajar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan Pre test-Post test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Purworejo sebanyak 91 siswa, sampelnya kelas XI-2 sebanyak 30 siswa dan kelas XI-1 sebanyak 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach’s. Uji normalitas menggunakan
Kolmogorof Smirnov dan uji homogenitas menggunakan levene’s test. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji-t pada signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan gain score dari data nilai pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis diperoleh nilai p sebesar
0.000, berarti hasil signifikansi α < 0,05. Rerata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 11,37 sedangkan rerata kenaikan nilai
pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 0,3. Kenaikan rerata kelas eksperimen membuktikan bahwa hasil belajar geografi dengan pendekatan CTL lebih baik peningkatannya dibandingkan dengan pendekatan konvensional.
Kolmogorof Smirnov dan uji homogenitas menggunakan levene’s test. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji-t pada signifikansi 0,05 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan gain score dari data nilai pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan pengujian hipotesis diperoleh nilai p sebesar
0.000, berarti hasil signifikansi α < 0,05. Rerata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 11,37 sedangkan rerata kenaikan nilai
pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 0,3. Kenaikan rerata kelas eksperimen membuktikan bahwa hasil belajar geografi dengan pendekatan CTL lebih baik peningkatannya dibandingkan dengan pendekatan konvensional.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1