PERAN KOGNISI DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP PEMBENTUKAN INTENSI PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) kognisi dan norma subjektif mahasiswa program studi
Pendidikan Geografi FIS UNY, 2) peran kognisi dan norma subjektif dalam pembentukan intensi perilaku
peduli lingkungan mahasiswa program studi Pendidikan Geografi FIS UNY, 3) perbedaan intensi perilaku
peduli lingkungan mahasiswa program studi Pendidikan Geografi FIS UNY.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
aktif program studi Pendidikan Geografi FIS UNY angkatan 2013 dan 2014 yang telah/sedang mengikuti
mata kuliah Studi Lingkungan, sebanyak 182 mahasiswa aktif. Sampel penelitian dihitung menggunakan
Nomogram Harry King dengan taraf signifikansi 5% sehingga didapatkan 126 mahasiswa aktif. Jumlah
responden tersebut kemudian dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling
didistribusikan sehingga didapatkan responden tiap kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data diolah dan dibuat tabel kategori skor
untuk mengetahui kognisi & norma subjektif, serta dideskripsikan secara langsung. Data kognisi, norma
subjektif, dan intensi perilaku peduli lingkungan lalu dianalisis dengan regresi berganda untuk mencari
peran variabel bebas pada variabel terikat tersebut. Perbedaan intensi perilaku peduli lingkungan antara
angkatan 2013 dan 2014 dianalisis dengan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kognisi dan norma subjektif mahasiswa program studi
Pendidikan Geografi FIS UNY berada pada kategori ‘tinggi’ sebesar 99,2% dan 60,3%; 2) Terdapat peran
kognisi dan norma subjektif secara bersama-sama terhadap pembentukan intensi perilaku peduli
lingkungan sebesar 9,2%, dibuktikan dengan nilai sig 0,003 yang kurang dari 0,05 (taraf signifikansi)
sehingga hipotesis alternatif diterima; 3) Tidak ada perbedaan intensi perilaku peduli lingkungan
mahasiswa program studi Pendidikan Geografi FIS UNY, dibuktikan dengan nilai t sebesar -1,107 dan
nilai sig 0,27 lebih dari 0,05 (taraf signifikansi) sehingga hipotesis nol diterima.
Pendidikan Geografi FIS UNY, 2) peran kognisi dan norma subjektif dalam pembentukan intensi perilaku
peduli lingkungan mahasiswa program studi Pendidikan Geografi FIS UNY, 3) perbedaan intensi perilaku
peduli lingkungan mahasiswa program studi Pendidikan Geografi FIS UNY.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
aktif program studi Pendidikan Geografi FIS UNY angkatan 2013 dan 2014 yang telah/sedang mengikuti
mata kuliah Studi Lingkungan, sebanyak 182 mahasiswa aktif. Sampel penelitian dihitung menggunakan
Nomogram Harry King dengan taraf signifikansi 5% sehingga didapatkan 126 mahasiswa aktif. Jumlah
responden tersebut kemudian dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling
didistribusikan sehingga didapatkan responden tiap kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data diolah dan dibuat tabel kategori skor
untuk mengetahui kognisi & norma subjektif, serta dideskripsikan secara langsung. Data kognisi, norma
subjektif, dan intensi perilaku peduli lingkungan lalu dianalisis dengan regresi berganda untuk mencari
peran variabel bebas pada variabel terikat tersebut. Perbedaan intensi perilaku peduli lingkungan antara
angkatan 2013 dan 2014 dianalisis dengan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kognisi dan norma subjektif mahasiswa program studi
Pendidikan Geografi FIS UNY berada pada kategori ‘tinggi’ sebesar 99,2% dan 60,3%; 2) Terdapat peran
kognisi dan norma subjektif secara bersama-sama terhadap pembentukan intensi perilaku peduli
lingkungan sebesar 9,2%, dibuktikan dengan nilai sig 0,003 yang kurang dari 0,05 (taraf signifikansi)
sehingga hipotesis alternatif diterima; 3) Tidak ada perbedaan intensi perilaku peduli lingkungan
mahasiswa program studi Pendidikan Geografi FIS UNY, dibuktikan dengan nilai t sebesar -1,107 dan
nilai sig 0,27 lebih dari 0,05 (taraf signifikansi) sehingga hipotesis nol diterima.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Geo Educasia - S1