MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan peserta didik berkebutuhan khusus; (2) Pembinaan peserta didik berkebutuhan khusus; (3) Layanan khusus peserta didik berkebutuhan khusus; (4) Evaluasi peserta didik berkebutuhan khusus. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjeknya yaitu sekolah, guru, dan peserta didik berkebutuhan khusus. Setting penelitian di SD Muhammadiayah 2 Kota Magelang. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian: (1) Sosialisasi tentang sekolah inklusi belum maksimal, kekurangan minat mendaftar. (2) Pembinaan peserta didik berkebutuhan khusus mendapatkan pendampingan intensif. Pembinaan peserta didik berkebutuhan khusus disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Tidak adanya GPK sehingga pembinaan kurang efektif. (3) Layanan khusus untuk peserta didik berkebutuhan khusus adalah layanan bimbingan dan konseling, dan layanan perpustakaan. (4) Evaluasi peserta didik berkebutuhan khusus memiliki hak evaluasi sama dengan anak regular, namun dengan bentuk berbeda sesuai kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.