PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR PERCOBAAN 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SD Percobaan 2 Depok Sleman Yogyakarta; dan (2) faktor penghambat pelaksanaan dan upaya sekolah dalam mengatasi hambatan di SD Percobaan 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data model analisis interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa;(1) pelaksanaan pendidikan karakter di SD Percobaan 2 Depok (a) pengintegrasiaan pada semua mata pelajaran (b) pengembangan melalui budaya sekolah; (c) mengintegrasikan nilai karakter pada ekstrakurikuler; (2) faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu pelaksanaan dan keterbatasan monitoring sekolah, peserta didik kurang perhatian orang tua dan cenderung manja. Upaya yang dilakukan yaitu sosialisasi pendidikan karakter dengan wali murid, pihak sekolah lebih sabar dalam membimbing peserta didik pemberian teguran dan pelaksanaan program kegiatan menumbuhkan kemandirian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.