STRATEGI PROMOSI PERPUSTAKAAN DI BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DIY (GRHATAMA PUSTAKA)

Devi Rusmawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi promosi, hambatan, dan upaya pada kegiatan promosi perpustakaan di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY (Grhatama Pustaka) tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala Seksi Pelayanan, Penanggung Jawab Kegiatan, dan Pelaksana Kegiatan. Metode Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi promosi: a) Analisis situasi meliputi, kebutuhan promosi, minat masyarakat, serta kondisi fisik maupun non fisik mendukung; b) Perencanaan meliputi, penetapan tujuan, pelaksana, sasaran, bentuk kegiatan, media, metode, waktu pelaksanaan, dan anggaran dilakukan pada tahun 2015; c) Pelaksanaan promosi melalui kerjasama dengan memaksimalkan penggunaan media dan metode promosi yang bertujuan memperkenalkan Grhatama Pustaka; d) Evaluasi promosi, meliputi sasaran, pelaksana, waktu, dan dampak atau tindak lanjut. 2) Hambatan yang dialami bersifat internal dan eksternal. 3) Upaya mengatasi hambatan disesuaikan sifat hambatannya.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.