PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS OLEH KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI PERUMNAS CONDONGCATUR KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Rina Murniasih,

Abstract


Penelitian bertujuan mendiskripsikan pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah meliputi persiapan awal, pertemuan awal, proses pelaksanaan supervisi dan pertemuan balikan. Penelitian merupakan penelitian deskripstif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik. Lokasi penelitian yaitu SD Negeri Perumnas Condongcatur. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model interaktif oleh Metthew B. Miles, A. Michael Huberman & Johnny Saldana. Hasil penelitian yaitu (1) persiapan awal yaitu persiapan administrasi, dan menentukan sasaran; (2) Pertemuan awal yaitu menciptakan hubungan yang akrab, kerja sama, dan membuat hipotesis; (3) proses pelaksanaan supervisi yaitu kepala sekolah menggunakan teknik observasi kelas, rapat dan KKG, menerapkan prinsip ilmiah, demokrasi, kerja sama, terbuka, perbaikan, komunikatif dan konsruktif, dan sarana yang digunakan yaitu buku, instrumen dan RPP; (4) pertemuan balikan yaitu sikap kepala sekolah dan review guru, evaluasi, dan tindak lanjut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.