MANAJEMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PRAMBANAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan manajemen pembinaan peserta didik di PPM MBS Prambanan Sleman Yogyakarta, meliputi (1) Perencanaan Pembinaan prestasi (2) Pelaksanaan Pembinaan Prestasi (3) Perencanaan Pembinaan Karakter dan (4) Pelaksanaan Pembinaan Karakter. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kesiswaan, kemahadan, Guru, BK, pengurus IPM, dan siswa . Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan program, personalia dan sarana prasarana pembinaan prestasi dilakukan pada rapat kerja tahunan oleh kesiswaan, kemahadan, guru, BK, IPM, HRD, kurikulum dan Sarpas. (2) Pembinaan prestasi dilakukan melalui pembinaan di kurikuler, ekstrakurikuler dan kegiatan asrama (3) Perencanaan program, personalia dan sarana prasarana pembinaan karakter dilakukan pada rapat kerja tahunan, oleh kesiswaan, kemahadan, guru, BK, IPM, HRD dan Sarpas. (4) Pembinaan karakter dilakukan melalui pembinaan di kurikuler, ekstrakurikuler dan kegiatan asrama.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.