KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BAGELEN KABUPATEN PURWOREJO

Stephanus Budi Krismanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan jenis komparatif. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Tidak terdapat perbedaan kinerja guru secara signifikan ditinjau dari kualifikasi akademik antara SMA/ SPG/ SGO, D2, dan S1. Pada perencanaan pembelajaran diperoleh Fh = 1,397; pelaksanaan pembelajaran Fh = 0,178; penilaian pembelajaran Fh = 2,407. (2) Terdapat perbedaan kinerja guru secara signifikan ditinjau dari masa kerja antara 0-5 tahun, 6-15 tahun, dan > 15 tahun. Pada perencanaan pembelajaran diperoleh Fh = 3,381, signifikansi = 0,047; pelaksanaan pembelajaran Fh = 4,468, signifikansi = 0,037 dan 0,016; penilaian pembelajaran Fh = 8,041, signifikansi = 0,009  dan 0,000. (3) Terdapat perbedaan kinerja guru secara signifikan ditinjau dari pengalaman kerja. Pada perencanaan pembelajaran diperoleh Fh = 4,491, signifikansi  = 0,019; pelaksanaan pembelajaran Fh = 5,371, signifikansi = 0,001; penilaian pembelajaran Fh = 5,115, signifikansi = 0,000.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.