PENGELOLAAN PROGRAM KETERAMPILAN HIDUP MANDIRI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI GODEAN

Ahmad Suwandi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; dan evaluasi pengelolaan program keterampilan hidup mandiri di MAN Godean dilihat dari lima aspek pendidikan yaitu peserta didik, tenaga pendidik, kurikulum, sarana prasarana, dan keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) Perencanaan, meliputi; (a) Penyeleksian peserta didik dilakukan dengan tes; (b) Perekrutan tenaga pendidik; (c) Perencanaan kurikulum menggunakan KTSP; (d) Perencanaan sarana prasarana dengan membuat proposal; (e) Penyusunan rencana anggaran. (2) Pelaksanaan, meliputi; (a) pelaksanaan tugas belajar dengan PKL dan magang; (b) proses pembelajaran; (c) pembinaan tenaga pendidik yang belum dilakukan secara menyeluruh; (d) penggunaan sarana prasarana; (e) pelaksanaan pembiayaan. (3) Evaluasi, meliputi: (a) Evaluasi hasil belajar; (b) evaluasi pengelolaan program.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.