PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD MUHAMMADIYAH JOGODAYOH KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL

Yahya Wahyuningsih,

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Sekolah Ramah Anak di SD Muhammadiyah Jogodayoh. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, Tim Sekolah Ramah Anak, Siswa dan Orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan (1) program pengembangan Sekolah Ramah Anak meliputi kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Sekolah Ramah Anak, seperti sosialisasi ramah anak, pembinaan tenaga pendidik, dan penanaman proses pembelajaran yang ramah anak. (2) proses pembelajaran ramah anak secara tidak langsung dimasukkan dalam setiap mata pelajaran. (3) peran tenaga pendidik dan kependidikan memberikan rasa aman, nyaman, dan menyenangkan kepada peserta didik. (4) sarana prasarana yang digunakan sebagaian besar memenuhi standar ramah anak. (5) anak dilibatkan untuk aktif selama di sekolah. (6) keterlibatan orang tua dan lembaga masyarakat yaitu ikut berpartisipasi pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.