PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN (MENGHAFAL AL QUR’AN) DI PONDOK PESANTREN AL HUSAIN MAGELANG

Indra Keswara,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran tahfidzulqur’an (menghafal Al Qur’an) di Pondok Pesantren Al Husain Magelang yang meliputi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, dengan tahapan data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan program pembelajajan tahfidzul qur’an dengan cara mengadakan rapat. Tujuan rapat tersebut adalah untuk memutuskan, tujuan pembelajaran, standar kompetensi, instruktur/ustadz, dan kebutuhan sarana  prasarana santri tahfidz. (2) Pelaksanaan program pembelajaran tahfidzulqur’an dilaksanakan di asrama masing-masing. Setiap pertemuan menghabiskan waktu 75 menit.  Metode yang digunakan dalam mengaji tahfidz yaitu, sorogan setoran dan sorogan nderesan. (3) Evaluasi program pembelajaran tahfidzul qur’an dilakukan dengan dua cara yaitu, evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Evaluasi internal dibagi menjadi dua yaitu evaluasi guru dan evaluasi santri. Sedangkan evaluasi eksternal untuk megetahui apakah program tahfidzulqur’an sudah sesuai harapan wali santri atau masih jauh dari harapan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.