IMPLEMENTASI KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR GUGUS II KECAMATAN TURI

Desy Sigit Rahayuning Tias Tuti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi profesional guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian survei. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar di Gugus II, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan menggunakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pemeriksaan keabsahan data atau validasi menggunakan uji coba instrumen (try out). Hasil penelitian menunjukan bahawa implementasi kompetensi profesional guru Sekolah Dasar di gugus II Kecamatan Turi dilihat berdasarkan masing-masing indikator yang ada indikator melakukan pemetaan SK dan KD; indikator menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir; dan indikator memanfaatkan bukti kinerjanya untuk menyusun PKB skornya tinggi dan termasuk dalam ketegori sedang. Indikator dapat menyusun materi pembelajaran skornya; indikator melakukan evaluasi diri; indikator memiliki jurnal pembelajaran, catatan dari teman sejawat dan hasil penilaian proses pembelajaran; indikator mengaplikasikan pengalaman PKB; indikator melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah; serta indikator memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB skornya rendah dan termasuk dalam ketegori sedang dengan cukup baik dan termasuk dalam kategori sedang. Dilihat secara umum implementasi kompetensi profesional guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar di gugus II Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta berada dalam kategori sedang skornya rendah dan termasuk dalam ketegori sedang, dikarenakan kurangnya pelatihan dan sosialisasi.
Kata kunci: guru, kompetensi profesional, sekolah dasar.
Abstract
This research aimed to know the implementation of teacher professional competence in a learning at elementary school in the cluster II District Turi, Sleman Regency, Yogyakarta. This research was a survey research. The subject of this research was elementary school teachers at group II Turi District, Sleman Regency, Yogyakarta with used a population research. Data collection technique was using questioner. Data analysed with quantitative descriptive analysis technique. The data validity was using try out instrument. The result of this research showed that implementation of teacher professional competence at elementary school in the cluster II District Turi seen by each of indicators, indicator to Standard Competence and Basic Competence mapping; indicator to include accurate and current informations; and indicator to utilizing performance evidence to arrange PKB has high score and belongs to medium category. Indicator to arrange material learning, the score was: indicator to evaluate themselves; indicator of having a learning journal, a note of peer learning and assessment process; indicator of applying CBA experience; indicator to conduct research, develop an innovative works, follow the scientific activities, as well as indicator of use of ICT in communication and implementation of the PKB has a low score and belongs to medium category with good enough and belongs to medium category. Seen in general, the implementation of teacher professional competence in a learning at elementary school in the cluster II District Turi, Sleman Regency, Yogyakarta was in the medium category with low score and belongs to medium category, caused of the lach of training and socialization.
Keywords: teacher, professional competence, elementary school.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.