PERSEPSI GURU-GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SMA NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA

Ratna Dewi Haryanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) persepsi guru-guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan, dan (2) perbedaan antara persepsi guru laki-laki dan perempuan terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru dari SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang sedang dipimpin oleh kepala sekolah perempuan, yang berjumlah 210 guru. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling, dengan besarnya sampel 138 guru. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan struktur pertanyaan tertutup. Validitas instrumen menggunakan validitas isi, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik Alpha dari Cronbach. Data dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Persepsi guru-guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta termasuk dalam kategori mampu (26,1% guru menyatakan sangat mampu, 44,9% guru menyatakan mampu, 25,4% guru menyatakan kurang mampu, dan 3,6% guru menyatakan tidak mampu). Aspek-aspek kepemimpinan yang dinilai meliputi dorongan pribadi, keterampilan komunikasi, keterampilan sosial dan pengetahuan relasi insani, kemampuan manajerial, stabilitas emosi, kekuatan/daya tahan, kemampuan mengajar, objektivitas, dan kejujuran. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi guru laki-laki dan perempuan terhadap kepemimpinan kepala sekolah perempuan, dengan nilai t=1,364 dan p-value sebesar 0,175 > 0,05.
Kata kunci: kepemimpinan; kepala sekolah perempuan; persepsi guru
TEACHERS’ PERCEPTION ON THE LEADERSHIP OF FEMALE PRINCIPALS IN STATE SENIOR HIGH SCHOOLS OF YOGYAKARTA
Abstract
This study was aimed to know (1) teachers’ perception on leadership of female principals, and (2) perception differences among male and female teachers on the leadership of female principals in state senior high schools of Yogyakarta. This was a quantitative study by means of survey method. The study was conducted in four state senior high schools of Yogyakarta headed by female principals. The study used proportional random sampling, with 138 teachers as the sample. The data were collected through questionnaire with closed questions structure. This used content validity to fulfill the instrument validity and also used Cronbach Alpha technique to fulfill the reliability. The data analysis used T-test. The results of the study were as follows (1) The leadership of female principals in Yogyakarta categorized as high. Their leadership aspects of female principal were high personal encouragement, communication skill, social skills and knowledge of human relationships, managerial skill, emotional stability, endurance, teaching skill, objectivity, and honesty. (2) There was no significant difference among male and female teachers’ perception on the leadership of female principals, with t=1,364 and p-value 0,175 > 0,05.
Keywords: leadership, female principal, teachers’ perception

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.