PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOHESIVITAS GURU SMP NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA

Fauziah Andini,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) menjelaskan seberapa kuat kepemimpinan
kepala sekolah SMP Negeri di Kota Yogyakarta, (2) mengetahui seberapa kuat kohesivitas guru
SMP Negeri di Kota Yogyakarta, dan (3) menjelaskan seberapa kuat pengaruh kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan metode statistik yang digunakan lalu diinterpretasikan
menggunakan 2 variabel yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan kohesivitas guru. Populasi
penelitian adalah 16 SMP, yang masuk dalam penelitian adalah seluruh SMP Negeri di Kota
Yogyakarta yang berjumlah 16 SMP. Responden penelitian ini adalah 16 kepala sekolah dan 71
guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Untuk validitas data
menggunakan validitas isi. Selanjutnya reliabilitas data menggunakan teknik Croncbach’s Alpha.
Adapun uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Selanjutnya uji hipotesis
menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1)
kepemimpinan dari kepala sekolah SMP Negeri di Kota Yogyakarta rata-rata sudah kuat. (2) ratarata
kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta kuat. (3) Terdapat pengaruh kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kohesivitas guru SMP Negeri di Kota Yogyakarta dengan sumbangan
efektif sebesar 26,8%.
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah dan kohesivitas guru
THE EFFECT OF HEADMASTER’S LEADERSHIP TOWARD
COHESSIVENESS OF JUNIOR HIGH SCHOOL’S TEACHERS
IN YOGYAKARTA
Abstract
This study aimed to determine: (1) headmaster’s leadership on the Junior High School in
Yogyakarta City, (2) teacher’s cohessiveness of Junior High School’s teachers, and (3) the effect of
headmaster’s leadership toward cohessiveness of Junior High School’s teachers in Yogyakarta
City. This research is a quantitative statistic method. The study was conducted in 16 Junior High
School, and it involved 16 hedamasters and 71 teachers. The validity of the data using content’s
validity. Furthermore, to measure reliability of the data techniques Croncbach's Alpha was
implemented. Hypothesis testing using regression test. The results showed the following. (1) The
average of headmaster’s leadership in Junior High School Yogyakarta City have been
strongleadership. (2) The avarage of teacher’s relationship have strong cohesiveness. in Junior
High School Yogyakarta City has been strong. (3) There is strong effect among headmaster’s
leadership toward teacher’s cohesiveness Junior High School’s teachers in Yogyakarta with the
effective contribution 26,8%.
Keyword: headmaster’s leadership and teacher’s cohesiveness

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.