KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PADA KELAS AKSELERASI DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengungkap keefektifan pembelajaran pada kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta meliputi aspek; (1) keefektifan perencanaan pembelajaran pada kelas akselerasi, (2) keefektifan pelaksanaan pembelajaran pada kelas akselerasi, (3) tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran pada kelas akselerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan seluruh subjek dalam populasi yang berjumlah 77 orang terdiri dari responden guru berjumlah 30 orang dan responden siswa akselerasi berjumlah 47 orang. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan keefektifan pembelajaran pada kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta masuk dalam kategori efektif (71,17%) terdiri dari aspek-aspek sebagai berikut; (1) perencanaan pembelajaran masuk dalam kategori efektif (78,91%), (2) pelaksanaan pembelajaran masuk dalam kategori efektif (71,22%), (3) ketercapaian tujuan pembelajaran masuk dalam kategori efektif (72,01%).
Kata kunci : Keefektifan pembelajaran, Kelas Akselerasi
EFFECTIVENESS OF LESSON AT ACCELERATION CLASSES IN SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA
Abstract
This experinment purproses to know the effectiveness of Lesson at acceleration classes in SMA Negeri 8 Yogyakarta, they are aspects; (1) the effectiveness of Lesson plan at acceleration classes, (2) the effectiveness of lesson implementation at acceleration classes, (3) the graed of the achievement Lesson purpose at acceleration classes. This experinment uses deseriptif quantitative approachment with the contribution of all subjects in the population for 77 persons consists of 30 teachers and 47 students. The data is collected by using quisoner, interview and documenttation. Effectiveness of lesson at acceleration class in SMA Negeri 8 Yogyakarta named in the category of effective (71,17%) consists of some aspects as follows; (1) aspect of learning plan to enter in the effective category (78,91%), (2) aspect of learning emplementation plan to enter in the effective category (71,22%), (3) the grade aspect of the achievement Lesson purpose to enter in the effective category (72,01%).
Keywords: Lesson Effectiveness, Acceleration Class.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.