UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) upaya pengembangan kompetensi
profesional guru, (2) kendala guru-guru dalam melakukan upaya pengembangan
kompetensi profesional, serta (3) upaya kepala sekolah dalam mengatasi kendala dalam
pengembangan kompetensi professional guru di SMA Negeri di Kabupaten Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel yaitu
pengembangan kompetensi profesional guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
guru, kepala sekolah, dan sub.bag. kurikulum sekolah yang berada di SMA negeri di
kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara,
serta studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut; (1) Upaya guru dalam
mengembangkan kompetensi professional di SMA Negeri Sleman masih tergolong rendah,
hal ini diketahui 9,76% guru yang selalu melakukan kegiatan pengembangan sedangkan
90,24% sisanya hanya kadang-kadang. Upaya pengembangan tersebut dilakukan melalui
membaca buku, berdiskusi teman sejawat mengikuti seminar dan membaca hasil
penelitian.(2) Kendala-kendala yang dialami muncul dari keterbatasan guru, keterbatasan
sekolah, keterbatasan waktu dan kurangnya motivasi guru dalam mengembangkan
kompetensi profesional yang dimiliki guru. (3) Upaya Kepala Sekolah guna mengatasi
kendala kendala tersebut adalah memberikan pelatihan kepada guru, meningkatkan sarana
prasarana sekolah, memberikan perencanaan pengembangan kepada guru dan
meningkatkan motivasi guru dalam mengembangkan kompetensi profesional guru.
Kata kunci: Kompetensi Profesional Guru; Kompetensi Guru; Guru SMA
profesional guru, (2) kendala guru-guru dalam melakukan upaya pengembangan
kompetensi profesional, serta (3) upaya kepala sekolah dalam mengatasi kendala dalam
pengembangan kompetensi professional guru di SMA Negeri di Kabupaten Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel yaitu
pengembangan kompetensi profesional guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
guru, kepala sekolah, dan sub.bag. kurikulum sekolah yang berada di SMA negeri di
kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara,
serta studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut; (1) Upaya guru dalam
mengembangkan kompetensi professional di SMA Negeri Sleman masih tergolong rendah,
hal ini diketahui 9,76% guru yang selalu melakukan kegiatan pengembangan sedangkan
90,24% sisanya hanya kadang-kadang. Upaya pengembangan tersebut dilakukan melalui
membaca buku, berdiskusi teman sejawat mengikuti seminar dan membaca hasil
penelitian.(2) Kendala-kendala yang dialami muncul dari keterbatasan guru, keterbatasan
sekolah, keterbatasan waktu dan kurangnya motivasi guru dalam mengembangkan
kompetensi profesional yang dimiliki guru. (3) Upaya Kepala Sekolah guna mengatasi
kendala kendala tersebut adalah memberikan pelatihan kepada guru, meningkatkan sarana
prasarana sekolah, memberikan perencanaan pengembangan kepada guru dan
meningkatkan motivasi guru dalam mengembangkan kompetensi profesional guru.
Kata kunci: Kompetensi Profesional Guru; Kompetensi Guru; Guru SMA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.